/* Start http://www.cursors-4u.com */ body, a:hover {cursor: url(http://cur.cursors-4u.net/holidays/hol-5/hol444.ani), url(http://cur.cursors-4u.net/holidays/hol-5/hol444.gif), progress !important;} /* End http://www.cursors-4u.com */

Kamis, 20 Juli 2017

JENIS DAN FUNGSI SAKLAR

Hasil gambar untuk SAKLAR

BEBERAPA JENIS SAKLAR/ SWICTH DAN FUNGSINYA
Sakelar (swicth) berfungsi untuk memutuskan atau menyambungkan arus yang mengalir pada rangkaian.

Beberapa jenis sakelar yang sering digunakan adalah sebagai berikut:

1.    Sakelar Manual
Cara menggunakan sakelar manual sangat sederhana,   yaitu   dengan   memindahkan tuas sakelar secara mekanis oleh operator. Biasanya sakelar manual dipakai pada rangkaian elektronik dengan kapasitas daya yang kecil dan tegangan yang kecil agar tidak menimbulkan kemungkinan bahaya yang besar.
       Jenis-jenis Sakelar Manual
a.     Sakelar Toggle
Sakelar  toggle merupakan sakelar  yang menghubungkan atau memutuskan arus dengan cara menggerakkan toggle/tuas secara mekanis.

b.    Sakelar  Push Button
Pada umumnya sakelar push button adalah tipe sakelar  yang hanya kontak sesaat ketika ditekan dan setelah dilepas.

c.     Sakelar  Selector/SS (Sakelar  Pemilih)
Sakelar  jenis ini pada umumnya tersedia dua, tiga atau empat pilihan posisi, dengan berbagai tipe knop. Sakelar pemilih biasanya dipasang pada panel kontrol untuk memilih jenis operasi yang berbeda, dengan rangkaian yang berbeda pula. Sakelar pemilih memiliki beberapa kontak dan   setiap   kontak   dihubungkan   oleh kabel menuju rangkaian yang berbeda, misalnya untuk rangkaian putaran motor cepat dan untuk rangkaian putaran motor lambat.

2.    Sakelar Mekanik
       Sakelar mekanik akan ON atau OFF secara otomatis oleh sebuah proses perubahan parameter, misalnya posisi, tekanan, atau temperatur.   Sakelar   akan   ON   atau   OFF  jika set titik proses yang ditentukan telah tercapai. Sakelar mekanik digunakan untuk automatisasi dan juga proteksi rangkaian. Terdapat beberapa tipe sakelar mekanik, antara lain: Limit Switch, Flow Switch, Level Switch, Pressure Switch dan Temperature Switch.


Komponen dan bahan yang diperlukan untuk membuat Joule Thief adalah :
1. Resistor  1k ½ W
2. Transistor 2N3904 atau 2N2222
3. Lampu Led secukupnya
4. Ferrite Toroid
5. Kawat Tembaga



SUMBER : http://naufalmjd.blogspot.co.id/2015/10/rekayasa-listrik.html


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Sparkly Santa Hat Ice Cream