/* Start http://www.cursors-4u.com */ body, a:hover {cursor: url(http://cur.cursors-4u.net/holidays/hol-5/hol444.ani), url(http://cur.cursors-4u.net/holidays/hol-5/hol444.gif), progress !important;} /* End http://www.cursors-4u.com */

Kamis, 20 Juli 2017

ALAT LISTRIK

Hasil gambar untuk ALAT LISTRIK

ALAT DAN BAHAN YANG BERHUBUNGAN DENGAN LISTRIK

1.    OBENG

Berbagai macam obeng
Obeng adalah sebuah alat yang digunakan untuk mengencangkan atau mengendorkan baut. Obeng juga berfungsi untuk mencungkil sesuatu yang kira-kira sulit sekali dibuka. Obeng dalam bahasa Inggrisnya disebut screwdriver.

Jenis Obeng
Ada beberapa model obeng yang digunakan di seluruh dunia. Jenis yang sangat umum di Indonesia antara lain
a.         Phillips yang populer disebut obeng kembang atau plus (+)
b.         Slotted yang sering disebut obeng minus (-).
c.         Torx yang sering disebut obeng bintang segi enam,
d.        Hex yang sering disebut obeng segi enam,
e.         Robertson yang sering disebut obeng kotak.

2.    TANG
Jenis-jenis tang
a.     Tang pemotong (cutting pliers)
       Kedua bagian kepala atas dan bawah  (rahang) tajam
b.    Tang penjepit (clamp pliers)
       Memiliki rahang yang bergerigi rapat sebagai capitan
c.     Tang pengunci (clocking pliers)
       Rahang bergerigi yang renggang agar tak licin ketika pengencangan baut

A.   Tang Pengelupas Kabel/Tang penjepit kabel
Tang pengelupas kabel (Crimping Plier Tool Kit)/Tang penjepit kabel sangat membantu dalam pengerjaan instalasi listrik. Bagian rahang sebagai penjepit kabel  di  bawah  rahang  bagian  yang tajam sebagai pemotong kabel. Gagang yang bergerigi untuk mengelupas kabel.



B.   Tang Pemotong
Tang Pemotong (cutting pliers) Memiliki rahang tajam. Fungsinya untuk memotong kawat, kabel plastik, dan vanadium. Gagangnya dilapis plastik. Kelemahan tang ini ialah tidak mampu memotong ukuran bidang yang besar atau tebal.


C.   Tang Cucut (Long Noise Plier)
Tang cucut (long noise plier) bentuknya mirip ikan cucut: moncong pipih, panjang, dan berbentuk gergaji. Oleh karena itulah tang ini dikenal sebagai “tang cucut”. Tang ini berfungsi sebagai penjepit kawat atau kabel. Rahang tang ini juga dapat dimanfaatkan sebagai pemotong kabel.



D.   Tang Kombinasi
Ujung rahang tang kombinasi (multi purpose plier) yang bergerigi rapat yang berfungsi untuk menjepit kawat atau kabel. Di bagian tengahnya bergeri renggang   berfungsi   untuk   mengunci mur. Rahangnya yang tajam berfungsi sebagai pemotong kawat dan kabel. Kelemahannya, jika celah antarrahang berkarat tang akan mac
et.

E.    Tang Kakatua

Dikenal sebagai “tang kakatua” (Tower Pincer) karena bentuknya mirip paruh burung kakatua. Fungsinya sebagai pemotong kawat dan kabel. Tang ini terbuat dari baja dan bergagang lapis karet   untuk   menjaga   agar   tak   licin ketika digunakan. Kelemahannya, jika digunakan untuk memotong bahan yang tebal dan keras, tang dapat menjadi tumpul.

F.    Tang Buaya (Locking Plier Tool Kit)
Sekilas bentuknya mirip buaya: moncongnya besar, lebar, dan bergerigi. Maka, tang ini dikenal dengan sebutan “tang buaya”. Rahangnya yang bergerigi untuk mengunci dan melepas baut. Jika ukuran baut besar, tang dapat diatur sesuai ukuran baut. Caranya: lebarkan kedua tungkai, lalu kunci dengan sekrup pengatur    sekaligus    pengunci    yang ada di ujung atas tungkai. Jika ingin mengubahnya lagi, cukup melepaskan tuas di bagian tungkai bawah. Kelemahannya, sekrup pengatur dan pengunci agak keras.

G.   Tang  Multifungsi  (Multipurpose  Plier Kit)

Tang   Multifungsi   (Multipurpose Plier Kit) mirip dengan tang kombinasi: ada rahang sebagai pemotong dan penjepit. Bedanya, tang ini memiliki kelengkapan fungsi lain. Di gagangnya terdapat pisau, gergaji, obeng, pembuka tutup botol, dan pembuka tutup makanan kaleng. Jadi, satu tang ini memiliki banyak kegunaan. Kelemahannya, bagian kelengkapan di gagang mudah kendur atau patah.


H.   Tang Sudut

Moncong rahang tang sudut memiliki  menjepit kawat dan kabel yang sulit dijangkau. Kelemahannya, hanya cocok untuk bagian dengan sudut kemiringan 45o

I.     Tang Snap Ring
Tang   ini   dikenal   juga   dengan   nama tang spi, yaitu berfungsi untuk menarik bantalan kecil dan sebagainya. Tang ini ada 2 model yang dibedakan berdasarkan ujungnya, yaitu lurus dan bengkok.

J.     Tang Rivet

Terdapat dua tipe yaitu biasa dan untuk memasang paku keeling. Tang bidang lurus maupun sudut.

K.   Tang slip joint

Tang standar bawaan mobil dan motor yang menjadi bonus di saat mobil/motor diterima. Fungsinya hampir sama dengan tang kombinasi, tetapi bentuknya lebih sederhana dari tang kombinasi.

SUMBER : http://naufalmjd.blogspot.co.id/2015/10/rekayasa-listrik.html




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Sparkly Santa Hat Ice Cream